Minggu, 12 November 2017

Systems Development Life Cycle


Systems Development Life Cycle atau siklus hidup pengembangan sistem merupkan istilah yang digunakan dalam systems engineering, sistem Informasi dan rekayasa perangkat lunak untuk menggambarkan suatu proses perencanaan, pembuatan, pengujian, dan perawatan sistem informasi. Konsep siklus pengembangan sistem berlaku untuk berbagai konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak, karena sistem hanya dapat terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak saja, atau kombinasi keduanya. Tujuan SDLC adalah menghasilkan sistem berkualitas tinggi yang memenuhi atau melampaui harapan pengguna, dapat bekerja secara efektif dan efisien.
Tahapan Systems Development Life Cycle
»  System Initiation / Planning ialah tahap awal dalam proses pembangunan sistem. Mengidentifikasi ada atau tidaknya kebutuhan akan sistem baru dalam mencapai tujuan strategi binsis. membentuk sumber daya untuk membangun infrastruktur serta memperbaharui dan memperbaiki layanan. Tujuan system initiation adalah untuk mengetahui lingkup masalah dan menentukan solusinya. Sumber daya, biaya, waktu, manfaat, dan barang lainya harus dipertimbangkan pada tahap ini.
»   System Analyist ialah tahap mengidentifikasi sumber masalah atau kebutuhan akan perubahan sistem. Pada tahap ini tim mempertimbangkan persyaratan fungsional proyek atau solusi dan menganalisis kebutuhan pengguna akhir untuk memastikan sistem baru dapat memenuhi harapan mereka. Analisis sistem sangat penting dalam menganalisa kebutuhan dalam sistem dan membuat batasan sistem.
»    System Design ialah tahap ketiga menjelaskan secara rinci mengenai spesifikasi, fitur dan operasi yang diperlukan yang akan memenuhi persyaratan fungsional dari sistem. Pada tahap obyek dan fungsi pada sistem dianalisa, seperti mempertimbangkan komponen penting (perangkat keras dan / atau perangkat lunak) struktur (kemampuan jaringan) skema database, dan user interface agar proses pemrosesan dan prosedur sistem dapat berjalan.
»    System Implementation ialah tahap untuk menginplementasikan cetak biru dari tahap-tahap yang dilakukan sebelumnya dan tahap pengujian sistem. Tahap ini berupa konstruksi dan instalasi contohnya penulisan kode program (coding), dan pembuatan database.
»  System Maintenance  ialah tahap perawatan dan update reguler yang dibutuhkan. Untuk menyempurnakan dan meningkatkan kinerja sistem, menambahkan kemampuan baru atau memenuhi persyaratan pengguna tambahan. tahap ini dilakukan oleh admin yang ditunjuk untuk menjaga sistem tetap mampu beroperasi secara benar melalui kemampuan sistem dalam mengadaptasikan diri sesuai dengan kebutuhan.
Model Systems Development Life Cycle:
  • Waterfall Software Development Life Cycle Model
  • Prototyping Software Development Life Cycle Model
  • Iterative Enhancement Model
  • The Spiral Model
  • Object Oriented Methodology
  • V- Model Methodology 
  • Joint application development (JAD)
  • Rapid application development (RAD)








































Referensi :
~http://www.sistem-informasi.xyz/2016/06/system-development-life-cycle-sdlc.html
~http://www.c-sharpcorner.com/uploadfile/nipuntomar/system-development-life-cycle-part-1
~http://scdc.binus.ac.id/himsisfo/2016/07/tahapan-tahapan-dalam-sdlcsistem-development-life-cycle
~https://www.innovativearchitects.com/KnowledgeCenter/basic-IT-systems/system-development-life-cycle.aspx



Tidak ada komentar:

Posting Komentar