Kamis, 16 November 2017

Sejarah Perkembangan Sistem Informasi & Teknologi Informasi



Sistem Informasi (SI)  adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.
Teknologi Informasi adalah sarana atau suatu bentuk implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, baik aplikasi hardware, software atau kombinasinya dalam menghasilkan informasi yang berkualitas.
Sejarah Teknologi Informasi
a.  Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa ini teknologi informasi masih menjadi sesuatu yang asing, namun pada zaman itu manusia sudah mulai menemukan teknologi teknologi sederhana yang bisa berguna bagi kehidupan mereka. dan penemuan penemuan teknologi tersebut kemudian mereka gambar pada dinding – dinding gua tempat mereka tinggal.
b.  Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Pada zaman ini manusia sudah mulai berkembang sedikit demi sedikit dalam penemuan teknologi, dan sudah terlihat pada zaman itu manusia lebih pintar daripada sebelumnya. teknologi yang ditemukan pun sudah semakin memudahkan hidup mereka.dan pada zaman tersebut untuk saling bertukar informasi semakin mudah daripada zaman sebelumnya.
1) Masa Tahun 3000SM – 500 SM
Pada masa ini Manusia sudah mulai mengenal simbol atau tulisan yang terdapat di dinding dinding goa, dan tulisan atau simbol tersebut memudahkan manusia dalam berkomunikasi atau menjalani hidupnya. pada zaman tersebut juga manusia sudah menemukan  media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dari sebelumnya yaitu menggunakan serat pohon.
2) Masa Tahun 1900-an
Pada kurun waktu ini sudah banyak teknologi informasi yang ditemukan seperti tabung tv pada tahun 1923, Komputer Digital pertama di Dunia pada Tahun 1946, Mengembangkan Transistor pada Tahun 1948, Sistem jaringan pada tahun 1969, Program E-mail pada Tahun 1972, Diperkenalkan nya WWW pada tahun 1992.
Perkembangan Komputer
Komputer Generasi 1 : 1946 - 1959.
dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Ciri komputer generasi pertama :
•    Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube
•    Program dibuat dengan bahasa mesin ; ASSEMBLER
•    Ukuran fisik komputer sangat besar, Cepat panas
•    Proses kurang cepat, Kapasitas penyimpanan kecil
•    Memerlukan daya listrik yang besar
•    Orientasi pada aplikasi bisnis
Komputer Generasi 2 : 1959 – 1964.
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik
Ciri komputer generasi kedua :
•    Sirkuitnya berupa transistor
•    Sudah ada sistem operasi
•    munculnya COBOL, FORTRAN, ALGOL
•    Kapasitas memori utama sudah cukup besar
•    Proses operasi sudah cepat
•    Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
•    Berorientasi pada bisnis dan teknik.
Komputer Generasi 3 : 1964 – 1970
Salah satu kemajuan komputer generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Ciri komputer generasi ketiga :
•    Menggunakan IC ( Integrated Circuit )
•    Pemrosesan lebih cepat
•    Kapasitas memori lebih besar lagi
•    Penggunaan listrik lebih hemat
•    Bentuk fisik lebih kecil
•    Banyak bermunculan application software
Komputer Generasi 4 : 1970 – 1990.
Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah
Ciri komputer generasi keempat :
      Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI )
     Microprocessor : penggabungan seluruh komponen komputer ( CPU , memori, kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.
      Munculnya PC :
 »        IBM 370, komputer generasi keempat yang pertama
 »        Cray 1, Komputer super pertama
 »        Apole II, Personal Computer pertama
 »        Komputer IBM PC yang pertama  
 »        Pentium II
 »        AMD K6 3D
Komputer Generasi 5 :
Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.   
Komputer Generasi 6 :
Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.

Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
Pemanfaatan Sistem dan Teknologi Informasi
Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Digunakan untuk mengolah data karena kecepatan dan ketepatannya. Biasanya digunakan untuk menyelesaikan perhitungan - perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat.
Bidang Geologi
Untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur dari suatu daerah.
Bidang Bisnis
Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat didalam perusahaan, menyediakan informasi keadaan pasar yang bersaing dan berkembang dan menyediakan informasi menigkatkan mutu manajemen.
Bidang Kesehatan
Untuk meningkatkan peralatan medis guna mempermudah proses penyembuhan pasien.
Bidang Industri
Untuk meningkatkan proses produksi dalam industri, agar lebih efektif dan efisien..
Bidang Perbankan
Untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank yang bersangkutan.


Referensi :
~D. Suryadi H.S, Pengenalan Komputer, Seri Diktat Kuliah ~Universitas Gunadarma, Jakarta 1993
~Time-Life, Hamparan Dunia Ilmu, Abad Komputer, PT. Tira Pustaka Jakarta, 2002
~http://www.artikelsiana.com/2015/09/teknologi-informasi-pengertian-~tujuan-fungsi.html
~http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/
~https://pakteo.wordpress.com/2011/04/11/teknologi-informasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar