Minggu, 01 Oktober 2017

Pengertian Inovasi Sistem Informasi & New Technology



Definisi dan Pengertian
  • Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang saling berkaitan satu sama lain yang digabungkan untuk mencapai suatu tujuan.
  • Informasi adalah data berupa fakta yang telah diolah dengan cara tertentu sehingga dapat diberitakan ke khalayak ramai dan memiliki arti bagi penerimanya.
  • Sistem Informasi adalah aktivitas atau interaksi antara manusia, proses algoritmik, data, dan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen.
  • Teknologi Informasi adalah istilah untuk teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi.
  • Inovasi adalah suatu proses atau hasil pengembangan, ide, pemanfaatan pengetahuan, keterampilan ,dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaharui suatu hal atau produk yang lebih baik dan ekonomis.
Maka dapat disimpulkan pengertian dari Inovasi Sistem Informasi & New Technology adalah suatu pengembangan terhadap teknologi yang ada untuk meningkatkan dan membantu manusia dalam hal mendukung operasi dan manajemen serta selalu mengikuti perkembangan zaman.

Manfaat
      Inovasi sistem informasi dan teknologi informasi berguna untuk meningkatkan aktivitas kegiatan pribadi, perusahaan maupun pemerintahan. Manfaat nya dapat berupa kemudahan mendapatkan data dan informasi serta membantu dalam pengambilan keputusan.
    Dengan tingginya penemuan di bidang teknologi terutama teknologi informasi, menjadikan teknologi ini sebagai jembatan yang dapat membantu dalam mendapatkan  data dan informasi yang dibutuhkan.Seiring dengan majunya teknologi informasi banyak peran teknologi dalam bidang-bidang tertentu, seperti dalam bidang pemerintahan, pendidikan, dalam hal penggunaan internet, yang pastinya digunakan untuk menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara pihak yang lain dan pemerintah dengan menggunakan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya pemerintah adalah penggunaan teknologi informasi yang sangat penting untuk dapat memantau situasi yang sedang terjadi di masyarakat.


Ciri-ciri Inovasi 
  1. Khas => Inovasi harus memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki atau berbeda dari ide-ide atau gagasan yang sudah ada sebelumnya.
  2. Baru => Inovasi harus merupakan suatu pembaharuan yang belum pernah ada sebelumnya, Pembaharuan ini dapat berupa ide maupun gagasan.
  3. Terencana => Setiap inovasi yang ditemukan pada dasar nya merupakan suatu proses pengembangan yang sudah terencana sejak awal ide dan gagasan.
  4. Memiliki Tujuan => Inovasi memiliki tujuan. Inovasi merupakan aktivitas terencana untuk mengembangkan objek-objek tertentu dengan tujuan untuk pengembangan objek–objek tersebut.
Perubahan Inovasi
  1. Penggantian (Substitution) => Sesuatu yang lama digantikan dengan yang baru.
  2. Perubahan (Alternation) => Mengubah suatu gagasan inovasi menjadi lebih baik.
  3. Penambahan (Addition) => Menyisipkan suatu gagasan atau ide inovasi.
  4. Penyusunan-ulang (Restructturing) => Menyusun kembali suatu gagasan inovasi.
  5. Penghapusan (Elimination) => Menghapus bagian yang  tidak sesuai.
  6. Penguatan (Reinforcement) => Peningkatan kemampuan secara efektif  & efisien.

Teknologi Informasi Modern

Smartphone
    Smartphone merupakan telepon pintar yang memiliki kemampuan layaknya komputer. Smartphone dapat dikatakan sebagai sebuah pc mini yang memiliki banyak kemampuan, tetapi juga berfungsi sebagai ponsel. Smartphone hadir dengan multi fitur seperti konektivitas wireless, browser,  multimedia (kamera,musik, dan video),  e-book / buku elektronik dan banyak keunggulanlain-nya.

 
 
 Social Media
    Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

 

ATM (Anjungan Tunai Mandiri) 
   Automated Teller Machine atau Automatic Teller Machine adalah sebuah teknologi informasi berupa alat elektronik yang  digunakan untuk melakukan transaksi perbankan seperti melayani nasabah bank untuk tarik tunai,setor tunai , transfer dan mengecek rekening tabungan  tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia.

  
E-learning 
   E-learing atau sistem pembelajaran elektronik dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berbasis website yang dapat diakses dengan menggunakan media personal computer dengan koneksi  jaringan komputer atau internet yang dapat diakses di mana saja.



GPS (Global Positioning System)   
    Global Positioning System adalah sistem navigasi dengan sistem penyelarasan satelit untuk menunjukan informasi mengenai letak posisi di permukaan bumi secara instan, dan setiap saat dalam kondisi cuaca apapun.
 
  
Realitas Maya (Virtual Reality) 
     Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.



 Referensi :
~https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
~https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya
~http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-e-learning-definisi-manfaat.html
~http://www.pelajaran.co.id/2016/07/pengertian-inovasi-dan-ciri-ciri-inovasi-menurut-pendapat-para-ahli.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar