Kamis, 16 Januari 2014

Media Transmisi Jaringan Komputer..

Disini saya akan sedikit mengulas sedikit tentang perantara2 jaringan komputer.

1. Unshielded Twisted Pair => Kabel UTP biasa digunakan pada jaringan telepon maupun ethernet, yang terdiri dari empat pasang kabel yaitu biru, biru-putih, hijau, hijau-putih, oren, oren-putih, coklat, coklat-putih.

Kategori UTP:
      Kat 1: Digunakan untuk suara (kabel telepon)
      Kat 2: digunakan untuk data yang mencapai 4Mbps
      Kat 3: digunakan untuk data yang mencapai 10Mbps
      Kat 4: digunakan untuk data yang mencapai 20Mbps
      Kat 5: digunakan untuk data yang mencapai 100Mbps
      yang biasanya digunakan untuk LAN ialah Kategori 3 dan 5, panjangnya max 100m dengan pangkal RJ45

2. Shielded Twisted Pair => Kabel STP hampir sama dengan UTP, namun perbedaanya sangat banyak. STP memiliki pelindung alumunium foil yang dirancang untuk mengurangi gangguan elektromagnetik. kekuranganya adalah mahal dan susah saat pada pemasangan. jarak jangkauan 100m.


3. Kabel Coaxial / BNC (Bayonet Naur Connector) => Kabel Coaxial biasanya digunakan sebagai jalur transmisi untuk televisi kabel dan radio sinyal. kecepatan keluaran 10-100Mbps. Panjang kabel max 500m


4. Kabel Fiber Optik => kabel fiber optik memiliki bandwith transfer data yang tinggi. kabel ini biasanya digunakan untuk induk dari jaringan WAN (hub antar negara). Kabel ini jarang digunakan karena  harganya yang mahal . Kabel ini bekerja dengan cahaya yang berjalan memantul melalui cermin pelapis dinding. Kecepatan dan keluaran 100+Mbps, media dan ukuran konektor kecil. jarak jangkau 2000m

5. Wireless Network => Jaringan tanpa kabel ini memberikan transmisi menggunakan sinar inframerah / gelombang mikro untuk menghantarkan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar