Kamis, 09 Januari 2014

Bagian-bagian Jarkom..


IP Address (Internet Protocol Address) merupakan alamat identifikasi pada tiap komputer host dalam jaringan Internet untuk menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP. IP Addres meiliki kelas-kelas tersendiri seperti kelas A, B, C, D, E.

Subnet adalah sebuah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada angka biner 32bit yang berfungsi untuk membedakan network ID dengan host ID,  menunjukan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

DNS (Domain Name System) ialah sistem yang menyimpan tentang nama host ataupun nama domain untuk pencarian nama komputer dijaringan yang menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

Gateway merupakan sebuah perangkat yang memiliki minimal 2 buah network interface untuk menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih sehingga jaringan dari salah satu perangkat dapat dialirkan ke jaringan komputer yang lain dengan kaidah jaringan berbeda.

Host adalah computer dengan antar muka jaringan yang dikonfigurasi menggunakan TCP/IP. Sebuah host dapat berupa sebuah windows NT server, workstation Linux, atau salah satu dari banyak router yag digunakan untuk melewatkan informasi dari suatu jaringan kejaringan yang lainnya.

Server merupakan perangkat komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam jaringan. Komputer Server harus mempunyai spesifikasi yang besar, dan OS yang khusus. Server dapat menjalankan aplikasi dan mengontrol secara administratif terhadap sumber daya yang terdapat  di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar