Jumat, 15 Maret 2019

Definisi Desain Grafis

 
Pengertian desain grafis adalah sebuah bentuk media komunikasi visual yang berbentuk gambar untuk digunakan sebagai penyampai informasi atau pesan yang cukup efektif. Dalam dunia design grafis semua elemen baik itu text, shape, tabel dan lain sebagainya dianggap sebagai sebuah gambar. Hal ini dikarenakan elemen - elemen tersebut merupakan sebuah abstraksi simbol - simbol yang tersembunyi.

Untuk membuat sebuah desain grafis, seseorang harus mempunyai sebuah ketrampilan visual dan juga kemampuan kognitif diataranya adalah fotografi, typografi, ilustrasi, pengolahan gambar dan juga tata letak gambar. Hal ini sangat diperlukan agar dapat menghasilkan sebuah design yang menarik, unik dan informatif.

Desain Grafis Menurut  Para Ahli

  • Suyanto, "Desain Grafis merupakan aplikasi yang menggunakan keterampilan seninya untuk komunikasi guna kebutuhan bisnis misalnya : mencakup  periklanan ,penjualan produk".
  • Jessica Helfand, "Desain Grafis adalah kombinasi angka-angka dan grafikyang kompleks, membutuhkan pemikirankhusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga dapat  menghasilkan sesuatu yang bergunadan  subversif".
  • Danton Sihombing, "Desain Grafis merupakan pekerjakan sebagai elemen seperti halnya marka, simbol, yang tipografi dan gambar baik. Elemen-elemen ini berfungsi sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi".
  • Michael Kroeger, "Visual Communication (komunikasi visual) merupakan  konsep-konsep dan latihan teori melalui suatu terma-terma visual yang  menggunakan warna, bentukdan garis".
  • Warren, "Desain Grafis adalah "Suatu terjemahan dari ide dan tempat kedalam beberapa jenis urutan struktural dan visual".
  • Blanchard, "Desain Grafis adalah suatu seni yang komunikatif berhubungan dengan industri dan seni untuk  menghasilkan gambaran yang visual di segala permukaan".

Referensi :
~https://www.utopicomputers.com/apa-itu-desain-grafis-berikut-adalah-pengertian-dan-jenisnya/
~https://www.rumahkreative.id/2017/04/pengertian-desain-grafis-secara-umum.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar