Sabtu, 06 Oktober 2018

Pengantar Teknologi Sistem Cerdas

 

Definisi Pengantar Teknologi Sistem Cerdas


Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, bukan hanya berkembang pesat dinegara maju melainkan semua negara. Perkembangan teknologi tanpa disadari bagaikan sebuah mesin waktu yang dapat merubah tingkat aktivitas dan interaksi manusia dalam kehidupan. Mengapa demikian?, Hal ini terjadi  karena teknologi yang ada dilingkungan atau alam sekitar mengganti peran manusia dalam kehidupan dengan kecerdasan buatan yang ditanamkan dalam suatu sistem.

Sistem cerdas merupakan pengembangan dalam bidang ilmu komputer untuk menyelesaikan berbagai masalah kompleks yang berkaitan dengan alam sekitar didunia nyata. Sistem cerdas merupakan implementasi dari kecerdasan buatan yang menggabungkan basis pengetahuan dengan mesin inferensi. Sistem cerdas dibuat agar dapat menyelesaikan suatu masalah dengan pola penyelesaian menyerupai kecerdasan manusia, antara lain kemampuan untuk dilatih, mengingat berdasarkan pengalaman, mengolah data-data sesuai yang diajarkan melalui perintah dalam bahasa pemrograman.

 

Sejarah Sistem Cerdas

 

Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.

Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas ” pada 1943 yang meletakkan fondasi untuk jaringan saraf.

Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah “kecerdasan buatan ” pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan “Turing test” sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.

Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan saraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.

Pada tahun 1980-an, jaringan saraf digunakan secara meluas dengan algoritme perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Pada tahun 1982, para ahli fisika seperti Hopfield menggunakan teknik-teknik statistika untuk menganalisis sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada jaringan saraf. Para ahli psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton, melanjutkan penelitian mengenai model jaringan saraf pada memori. Pada tahun 1985-an sedikitnya empat kelompok riset menemukan kembali algoritme pembelajaran propagansi balik (Back-Propagation learning). Algoritme ini berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan psikologi.

Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.

Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.

Tetapi di tahun 2017 ini, teknologi kendaraan tanpa awak sudah banyak bermunculan seperti autonomous car atau Driverless car yang memungkinkan para penumpang untuk dapat berkendara dengan mobil tanpa harus mengendarainya sendiri. Mobil ini menggunakan banyak sensor dan kontrol seperti radar, lampu laser , GPS, odometry dan penglihatan computer yang memungkinkan dapat berjalan dan berhenti menggunakan beberapa acuan sensor tersebut. Teknologi ini disebut juga dengan self-driving car.

 

Penerapan Teknologi Sistem Cerdas dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Sistem Autopilot
 
Sistem autopilot merupakan sistem kendali tanpa awak, sistem ini pada awalnya digunakan untuk mengendalikan pesawat terbang yang membantu pilot dalam menghemat energi sang pilot selama perjalanan. Autopilot dikembangkan pula di beberapa instansi militer dalam membuat pesawat tanpa awak yang digunakan untuk memata-matai musuh dari udara. Sekarang ini autopilot berkembang hingga ke industri Automotive, beberapa perusahaan automotive berlomba-lomba untuk menciptakan Self-Driving Car atau mobil yang bisa menyetir sendiri.

Vending Machine
Vending machine mungkin sering kita temukan ditempat keramaian seperti terminal, stasiun, dan ruang terbuka umum lainnya. Mesin ini berfungsi layaknya seorang penjual yang sedang menjajakan daganganya, dimana mesin ini akan mengeluarkan barang yang pembeli atau kita inginkan setelah kita memasukkan uang kedalam mesin tersebut.

Vending machine yang umumnya kita lihat adalah mesin yang menjual minuman dan makanan, sebenarnya mesin top-up saldo kartu Kereta KRL yang kita gunakan adalah termasuk kedalam Vending Machine juga. Vending machine berkembang mengikuti jaman, dan tidak hanya mesin yang menjual minuman atau top-up saldo kartu KRL, namun masih banyak lagi jenisnya.

Face ID
Sistem pengenal wajah atau yang kita kenal dengan face unlock adalah salah satu teknologi yang sangat umum terdapat di Gadget dan Smarthphone kita pada saat ini. Pada awalnya sistem ini bekerja dengan cara memindai wajah penggunanya menggunakan kamera yg terdapat pada device, cara kerjanya yang menggunakan kamera membuat sistem ini sulit bekerja dikondisi ruangan yang gelap. Kemudian oleh para pengembang dikembangkan menjadi sistem pemindai wajah yang menggunakan sensor infrared atau IR Face yang membuat sistem ini bekerja lebih baik dan lebih akurat.

SmartWatch 

Smartwatch atau jam tangan pintar adalah sebuah pengembangan dari jam tangan analog / digital menjadi jam tangan yang dapat melakukan beberapa fungsi-fungsi pintar sesuai dengan namanya, fungsi-fungsi tersebut yakni seperti memainkan musik, mengetahui detak jantung, GPS, bahkan dapat memainkan game dan membaca berita.

Tujuan di ciptakan smartwatch ini, yaitu sebagai pasangan bagi smartphone karena fitur-fitur tersebut akan bekerja secara optimal jika terkoneksi dengan smartphone kita. Umumnya smartwatch terhubung ke smartphone menggunakan koneksi bluetooth. Setelah terkoneksi, baru kita dapat memanfaatkan fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki oleh jam tangan lain. 

Penutup

Teknologi akan terus berkembang, maka sudah selayaknya kita mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Sebuah sistem cerdas yang menggantikan aktivitas manusia semakin mendominasi, maka sudah seharusnya kita menguasai teknologi. Adanya Teknologi sistem cerdas untuk membantu manusia, maka jangan sia-siakan teknologi yang ada. 

Terima Kasih.


Referensi:
~https://media.neliti.com/media/publications/145206-ID-pengembangan-aplikasi-sistem-cerdas-untu.pdf  
~https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar