Rabu, 17 Januari 2018

Alasan dan Manfaat Hobi Memancing

Memancing merupakan suatu kegiatan yang sangat menggairahkan bagi para penghobi-nya, jangan heran jika para penghobi atau pemancing ikan menghabiskan waktu berjam-jam menunggu pancingnya disambar ikan. Profesi apapun, Gender dan umur berapa pun bisa saja menjadi pemancing addict. Memancing merupakan salah satu aktivitas liburan yang cukup populer baik memancing di lokasi pemancingan, pantai, laut atau bahkan pergi ke luar pulau untuk mencari danau yang masih asri, para pemancing rela menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk hobi satu ini.

Menjadi salah satu hobi yang populer bukan berarti semua orang menyukai hobi yang satu ini, banyak juga orang yang tidak menyukai hobi yang satu ini, kebanyakan dari mereka cenderung menganggap bahwa memancing adalah hobi yang hanya membuang-buang waktu saja, memancing merupakan hobi yang mahal dan ada juga yang mengatakan kalau hobi yang satu ini sering kali dikaitkan dengan hobi bagi para pemalas.

Yang perlu kalian ketahui bahwa meskipun terkesan mudah, ternyata memancing bukan hanya sekadar melempar umpan dan menunggu keberuntungan,  melainkan memancing itu memerlukan berbagai trik-trik dan keahlian seperti observasi kebiasaan ikan meliputi pemilihan umpan yang tepat, dan lokasi keberadaan ikan, teknik menarik reel yang tepat, serta teknik-teknik lain.

Memancing mempunyai beberapa manfaat yang mungkin belum anda ketahui, beberapa manfaat memancing diantaranya yakni :
  1. Terapi kejiwaan / melatih kesabaran
  2. Sebagai sarana penghilang penat
  3. Meningkatkan konsentrasi
  4. Mengusir rasa bosan
  5. Menumbuhkan rasa cinta lingkungan
  6. Menambah relasi sosial.
Berdasarkan penjelasan diatas bahwa memancing bukan hanya sekadar melempar umpan dan menunggu keberuntungan, melainkan ada langkah-langkah yang umumnya dilakukan seperti :
  1. Mencari lokasi memancing
  2. Mempersiapkan perlatan
  3. Menentukan jenis ikan di spot memancing
  4. Memilih dan memasang umpan yang tepat
  5. Melempar tali pancing
  6. Tunggu dan fokus pada bobbers / pengapung
  7. Tarik reel perlahan dan mengikuti arah ikan
  8. Putuskan ingin menyimpan atau melepas ikannya.
Hobi apapun selagi itu merupakan hal yang positif maka lakukan saja, asal tidak kelewat batas dan melupakan hal-hal yang lebih prioritas dibanding hobi yang anda geluti. Melakukan hobi yang merupakan profesi atau pekerjaan sendiri adalah kenikmatan yang tak terkira, ketika kita melakukan hal yang merupakan hobi kita maka tidak akan pernah kita menemukan kata bosan dan merasakan letih karena semua itu dilakukan dengan kebahagiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar