Minggu, 01 September 2013

Mengenal Komponen Inti Sebuah Komputer

Bahasan saya dikesempatan kali ini adalah mengenai perangkat inti sebuah komputer... 
Biar lebih cepat langsung aja dehh kita simak bahasan yang pertama tentang Mainboard..

Mainboard/Motherboard

  
   Mainboard adalah papan induk/papan utama dimana terdapat komponen elektronik yang saling terhubung pada PC atau Macintosh (mainboard biasa disingkat mobo). Mainboard merupakan komponen utama dalam sistem komputer, mainboard disebut papan utama karena semua komponen/perangkat dalam isi casing harus terhubung denganya, karena pada Mainboard-lah semua komponen2 tersebut akan disatukan.

Komponen2 Mainboard:

1.Konektor Power: adalah sebuah pin yang menghubungkan mainboard dengan Power Supply.
2.Socket/Slot Processor: adalah tempat diletakan-nya processor (dalam himpitan kipas processor).
3.North bridge controller: adalah sebuah chipset yang bertanggung jawab untuk memfasilitasi komunikasi antar unit pemrosesan komputer, dan komponen2 pada mainboard.
4.Socket Memori: adalah tempat/letak untuk memasangkan RAM.
5.Konektor Floppy dan IDE: adalah slot yang digunakan untuk menghubungkan Harddisk dengan Mainboard atau bisa juga digunakan untuk menghubungkan Disk Drive dengan Mainboard menggunakan kabel PATA/IDE.
6.PS/2 Konektor Keyboard: fungsinya untuk menghubungkan keyboard.
7.PS/2 Mouse Port: fungsinya untuk menghubungkan mouse.
8.USB:fungsinya untuk menghubungkan perangkat2 tambahan (Flashdisk, Joystick, Mouse USB, dll)
9.Video Graphics Adapter Port: adalah sebuah port yang berisi 15pin yang berfungsi untuk menampilkan gambar hasil proses cpu kepada monitor. 
10.Baterai CMOS: fungsinya untuk sumber tenaga cadangan ketika komputer tidak terhubung listrik.
lebih tepatnya lagi agar komputer tidak mereset data waktu, tanggal.. saat komputer hampa listrik.

Masih banyak sihh komponen2 yang lainya..! cuma saya tidak bisa menjelaskan semuanya karena kita harus ke pembahasan selanjutnya...
Next ke bahasan kedua...

Power Supply

Power supply adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC untuk menyuplai daya pada komponen komputer. Jika kalian melihat yang namanya power supply pasti yang akan pertama kali terlihat adalah gerombolan2 kabel.

Ok lanjut saya mau mulai membahas jenis2 konektor kabel power supply:

1.Konektor 20/24 pin ATX Motherboard: berfungsi untuk memberi daya pada motherboard.
2.Konektor 4/8 pin 12V: berfungsi untuk memberikan supply daya khusus ke processor.
3.Konektor 6-pin PCIe: berfungsi untuk memberi daya kepada kartu grafis jenis PCIe
4.Konektor 4 pin peripheral: berfungsi untuk mensuplai daya ke perangkat2 seperti: Harddisk, CD ROOM, Grafik card, pendingin casing dan lain-lain.
5.Floppy Disk Power: berfungsi untuk mensuplai daya ke floppy disk.
6.SATA Power Kabel: berfungsi untuk mensuplai daya ke komponen/perangkat yang mempunyai port SATA, misalkan Harddisk SATA

Bahasan kedua udah selesai,,, kemon kita lanjut yang ketiga...

Harddisk Drive

siapa sihh yang gak kenal atau gak tahu dengan yang namanya harddisk..?
keterlaluan banget ya kalo gak tahu sama yang namanya harddisk terlebih jika dia anak komputer yang setiap harinya menghabiskan waktu berjam-jam didepan komputer..!
OCE kali ini saya akan memberitahukan apa sih harddisk itu..
 
Harddisk atau Harddisk Drive (HDD) ialah tempat/media penyimpanan data pokok yang tidak terpisahkan dalam komponen utama dalam komputer baik komputer personal, workstation atau jenis2 lainya. Harddisk pertama kali diciptakan oleh Reynold Johnson pada tahun 1956. Pada masa itu harddisk disebut sebagai Fixed Disk/Winchesters serta pada jaman itu harddisk memiliki diameter 20inch.. Wow kebayangkan kan besarnya.. tapi tenang untuk jaman canggih seperti sekarang harddisk memiliki desain yang sangat slim.. tetapi kalau masalah performa/kulitas boleh diadu dengan harddisk yang gedenya minta ampun itu.

Ok ok untuk hardisk cukuplah..! kita masih harus membahas yang lainya...

Lanjut kebahasan yang keempat yaitu mengenai RAM..



Random Access Memory

RAM adalah media simpan sementara/temporer yang hanya dapat digunakan saat komputer menyala. RAM berguna untuk mempercepat kinerja komputer oleh karenanya semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat pula kinerja komputer tersebut. Mengakses data dari RAM lebih cepat dibanding mengakses data dari Harddisk. contohnya begini kalau HDD itu diukur dengan satuan milidetik, sementara RAM diukur dengan satuan nanodetik/sepermilyar detik. 
Nahh dari satuan pengukurnya saja berbeda. Jelas RAM unggul sebab itu kinerja komputer rata-rata ditopang oleh RAM, tapi ingat ya kalau RAM itu-kan memori sementara tetapi kalau Harddisk adalah memori pokok. Jadi intinya RAM dan Harddisk adalah partner kerja didalam komputer...
Biar lebih sedikit afdol saya tambahkan jenis-jenis RAM:

1.EDO RAM, 2.SD RAM, 3. DDR (2,3) RAM, 4. RDR RAM, 5. SODIMM RAM
cukup ya,, nah kalau penjelasanya cari sendiri di mbah google hahahaa...


Lanjut lagi kebahasan yang kelima, kali ini mengenai CPU/Processor..

Central Processing Unit

Kebanyakan orang menyebut casing komputer dan isinya adalah  CPU...!
Apakah pendapat itu benar...?
Sebenarnya pendapat tersebut kurang tepat, tepatnya adalah CPU=Processor atau Processor=CPU, kurang jelas juga..? kalau kurang jelas lihat gambar dibawah...
Nah Kalau ini baru yang namanya CPU/Processor...
 
CPU ialah otak atau inti dari komputer yang tugasnya mengatur dan memproses semua kerja komputer, bisa dibiling dia Boss-nya isi komputer. Fungsi Om CPU adalah menjalankan program2 yang disimpan di Harddisk. CPU-lah yang mengambil alih data dari Harddisk dan memproses satu persatu perintah sesuai dengan algoritmanya. Pekerjaan ini dilakukan dengan 2 cara yaitu:
1. Cara Fetch/Reading Instruction (membaca instruksi)
2. Cara Execute/Execute Instructions (melaksanakan instruksi)
Proses pembacaan dan  melaksanakan  dilakukan berulang-ulang sampai instruksi di Harddisk dijalankan atau bahkan dimatikan (Fetch-Execute).

1 komentar: